TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dosen Pengampu:
Dawam Multazamy Rohmatulloh, S.TH.I., M.Hum.
Disusun oleh:
Kelompok 6/TBI D
Luthfiatul Azizah Nuril Anwar 204180104
Mizar Chumayun 204180107
Nanda Erlina 204180118
Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sisdiknas dinyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pemeblajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Teknologi pendidikan merupakan proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Teknologi pendidikan telah berkembang sebagai suatu disiplin keilmuan yang berdiri sendiri. Perkembangan tersebut dilandasi oleh serangkaian dalil atu dasar yang dijadikan patokan pembenaran. Teknologi pendidikan memanfaatkan kajian dan hasil-hasil penelitian dari bidang ilmu lain psikologi, komunikasi, manajemen untuk diterapkan dalam menciptakan program pembelajaran yang efektif dan efisien.
B. Tujuan Teknologi Pendidikan
1. Untuk memecahkan masalah belajar
Selama ini
belajar adalah sebuah masalah bagi guru dan murid. Banyak murid yang
tidak bisa konsentrasi dalam belajar, sehingga ilmu yang di sampaikan
oleh guru tidak dapat dicerna oleh murid. Belum lagi di tambah dengan
kondisi ruangan yang tidak rapi penataannya. Di lain sisi,
ada guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu
pengetahuan yang ada pada guru tidak bisa tersampaikan dengan baik
kepada murid.
Dari problem diatas, maka di harapkan dengan adanya teknologi pendidikan bisa menjawab masalah tersebut.
2. Untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.
Guru mengajar
dengan menggunakan kapur memang masih bisa memberikan pemahaman kepada
murid. Tapi jika di bandingkan guru menerangkan dengan LCD Proyektor,
mana yang lebih efektif? Tentu dengan teknologi LCD Proyektor. Sebab
akan banyak pesan multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan
dan mudah di cerna oleh murid. Seperti contoh: Guru mengajar tentang
proses terjadinya hujan, maka dengan di perlihatkan video proses
terjadinya hujan, murid akan cepat nangkap ilmu pengetahuan tersebut.
Hal tersebut
yang bisa dijadikan sebagai maksud tujuan teknologi pendidikan sebagai
meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan mungkin dalam aspek lain masih
banyak lagi.
C. Manfaat Teknologi dalam Dunia Pendidikan
1. Teknologi pendidikan dijadikan alat untuk
mendukung pengembangan pengetahuan para siswa.
2. Dapat mewakili gagasan pelajar dalam hal pemahaman dan kepercayaan
3. Teknologi pendidikan merupakan sarana informasi yang mendukung proses belajar siswa dalam hal pencarian informasi yang diperlukan siswa.
4. Sebagai perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan terhadap dunia.
5. Bermanfaat sebagai media sosial dalam mendukung pelajaran siswa dengan berbicara.
6. Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
7. Untuk mendiskusikan, menyampaikan pendapat dan membangun konsensus antara anggota social.
8. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung para pelajar
9. Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui tentang sesuatu.
10. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan atau sekolah.
11. Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
12. Teknologi pendidikan dapat mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan.
2. Dapat mewakili gagasan pelajar dalam hal pemahaman dan kepercayaan
3. Teknologi pendidikan merupakan sarana informasi yang mendukung proses belajar siswa dalam hal pencarian informasi yang diperlukan siswa.
4. Sebagai perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan terhadap dunia.
5. Bermanfaat sebagai media sosial dalam mendukung pelajaran siswa dengan berbicara.
6. Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
7. Untuk mendiskusikan, menyampaikan pendapat dan membangun konsensus antara anggota social.
8. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung para pelajar
9. Untuk membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui tentang sesuatu.
10. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan atau sekolah.
11. Tekonologi pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
12. Teknologi pendidikan dapat mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan.
D. Sumber-sumber Teknologi Pendidikan
1. Sumber yang
Tepat Digunakan
Istilah
yang tepat digunakan untuk memodifikasi sumber daya menunjukkan bahwa perangkat
keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam pendidikan harus dipilih dengan
pertimbangan kesesuaian mereka dan kompatibilitas dengan tujuan pendidikan.
Kriteria pertama kesesuaian adalah bahwa mereka harus dipilih melalui proses
yang memenuhi standar profesional. Sebuah standar profesional kedua adalah
bahwa anggota mengikuti “suara prosedur profesional untuk evaluasi dan
pemilihan bahan dan peralatan” (AECT). Makna
dari tepat ini untuk menyinggung yang
digunakan pendidikan secara umum, misalnya, pemilihan bahan untuk koleksi
sekolah media-center atau koleksi sumber daya pusat perusahaan. Ketika sumber
daya yang sedang dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bagian dari pelajaran
atau program instruksional.
2. Sumber yang Dirancang Versus Sumber yang Siap
Dimanfaakan
Untuk
menjelaskan jenis sumber daya yang tersedia untuk membantu memfasilitasi
pembelajaran, penulis laporan 1972 definition (AECT) membuat pembedaan yang
bermanfaat antara sumber daya dengan desain dan sumber daya dengan pemanfaatan.
Beberapa
sumber dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran karena mereka secara
khusus dirancang untuk tujuan pembelajaran. Ini biasanya disebut "bahan
ajar atau sumber daya." Sumber lain ada sebagai bagian dari normal, dunia
sehari-hari, tetapi dapat ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk tujuan
pembelajaran. Ini kadang-kadang disebut "sumber daya dunia nyata."
Dengan demikian, beberapa sumber daya menjadi sumber belajar dengan desain dan
lain-lain menjadi sumber belajar dengan pemanfaatan. Pembedaan ini penting
karena membuat jelas posisi "noninstructional, dunia nyata" sumber
daya serta sumber daya yang dirancang sebagai bidang perhatian untuk teknologi
pendidikan.
3. Sumber Alat, Bahan dan Perangkat
Makalah kelompok 1, 3, dan 4 kelas TBI
Sebagai
teknologi telah muncul dan berkembang, istilah
alat, bahan, dan perangkat telah digunakan dalam banyak cara. Contoh
spesifik dari penciptaan, penyimpanan, dan penggunaan video pelatihan, yang
menyediakan salah satu cara konseptualisasi hubungan antara istilah-istilah
ini. Selain
alat-alat, bahan, dan perangkat, istilah media yang juga digunakan di lapangan,
meskipun dengan sejumlah arti yang berbeda.
a. Alat Analog, Material, dan Alat
a. Alat Analog, Material, dan Alat
Dalam
penggunaan sehari-hari, analog hanya berarti sesuatu yang menyerupai sesuatu
yang lain. Oleh karena itu, analogi adalah obyek atau ide yang digunakan
sebagai titik acuan untuk menjelaskan beberapa ide lain. Istilah ini memiliki
arti yang lebih teknis di bidang teknik di mana sinyal analog adalah salah satu
yang continuously variable dalam waktu dan lebar ayunan-sebagai lawan sinyal
digital, yang baik off atau; mereka tidak continuously variable.
Dengan
ekstensi, istilah analog digunakan untuk merujuk kepada semua media AV yang
tidak didigitalkan, seperti slide, filmstrips, dan film, serta kaset dan kaset
video. beberapa akan mempertimbangkan ini artefak sejarah, karena mereka
sebagian besar digantikan oleh setara digital, terutama untuk kompresi lebih
besar penyimpanan dan transmisi lebih mudah melalui jaringan komputer. Namun, media analog terus dihargai untuk
kesetiaan mereka yang tinggi reproduksi (misalnya, slide yang memproyeksikan
gambar besar dalam definisi tinggi) dan kegunaan mereka tanpa intermediasi
komputer.
Meskipun
kemajuan saat ini di lapangan jelas berpusat pada penggunaan sumber daya
digital, warisan lapangan adalah dalam penggunaan sumber daya analog untuk
meningkatkan pendidikan. bahkan di tengah-tengah apa yang banyak dilihat
sebagai sebuah revolusi digital, sumber-terutama analog overhead projector, VCR,
dan disusun secara lokal materi cetak-tetap merupakan bagian integral dari
sebagian besar pengaturan instruksional. atribut penting dari sumber-termasuk
analog definisi tinggi, kemudahan pembuatan, customizability, dan hambatan
pengetahuan yang lebih rendah untuk digunakan-akan cenderung memastikan bahwa
mereka akan terus digunakan di berbagai lingkungan belajar mengajar baik ke
masa depan.
b.
Alat digital, Material, dan Alat
Media
digital adalah mereka yang disimpan dan ditransmisikan dengan cara menggunakan
kode digital, biasanya biner kode-0 atau 1, mati atau hidup. tidak seperti
media yang analog, representasi-digital serangkaian nol dan yang-tidak memiliki
kemiripan dengan gambar asli atau suara, yang mungkin awalnya dicatat melalui
cara-cara analog. Keuntungan dari penyimpanan digital adalah bahwa data umumnya
lebih mudah untuk memanipulasi, lebih kompak untuk menyimpan, dan presentasi
yang dihasilkan dapat ditularkan atau direproduksi beberapa kali tanpa
kehilangan kualitas.
Saat
ini, format khas media digital adalah menampilkan komputer, halaman Web,
compact disc (CD), cakram video digital (DVD), video game, dan e-book. Sulit
untuk memprediksi alat, bahan, atau perangkat akan terjadi di lima, sepuluh,
atau dua puluh tahun. tren saat ini dan kemajuan dalam kemampuan alat digital
dan perangkat, bersama dengan cara-cara inovatif untuk menggunakan mereka,
arahkan ke tren komersial di masyarakat untuk menggabungkan fungsi dan fitur
bersama menjadi satu teknologi yang terintegrasi. Teknologi pendidikan saat ini sering bekerja
dengan teknologi yang terintegrasi digital untuk lebih memudahkan pembelajaran
dan meningkatkan kinerja dalam berbagai pengaturan. Saat ini, yang paling umum
digunakan teknologi yang terintegrasi, dari perspektif hardware, adalah
komputer pribadi.
-- ________________________________
Sumber: Makalah kelompok 1, 3, dan 4 kelas TBI
htttp://oktaqrpz.wordpress.com/pendidikan/teknologi-pendidikan/pengertian-tujuan-dan-manfaat/
http://areabaca.com/2013/06/manfaat-teknologi-pendidikan.html
hiemoedz.blogspot.com/2017/06/makalah-teknologi-pendidikan-sumber.html
http://areabaca.com/2013/06/manfaat-teknologi-pendidikan.html
hiemoedz.blogspot.com/2017/06/makalah-teknologi-pendidikan-sumber.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar